tickerbar.info

Website Partner

KLIK IKLAN

Wednesday, June 27, 2012

GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Fenny
Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dihasilkan dari perubahan medan magnet dan medan listrik secara beraturan. Gelombang elektromagnetik merupakan:
1.      gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat, dapat merambat dalam ruang hampa
2.      Merupakan gelombang transversal
3.      Dapat mengalami refleksi, refraksi, interferensi dan difraksi.

Gelombang elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur, yaitu: panjang gelombang, frekuensi, amplitude, dan kecepatan. Amplitude adalah tinggi gelombang, sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satuan waktu. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya gelombang. Karena kecepatan elektromagnetik adalah konstan (kecepatan cahaya), panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. Semakin panjang suatu gelombang, semakin rendah frekuensinya dan semakin pendek suatu gelombang, semakin tinggi frekuensinya.

Sumber gelombang elektromagnetik:
1.      Osalasi listrik
2.      Sinar matahari menghasilkan sinar inframerah
3.      Lampu merkuri menghasilkan sinar ultraviolet
4.      Penembakan elektron dalam tabung hampa pada keping logam menghasilkan sinar X
5.      Inti atom yang tidak stabil menghasilkan sinar gamma

Penggunaan gelombang elektromagnetik dapat diterapkan baik dalam bidang penelitian sains ataupun kedokteran. Manfaat dari gelombang elektromagnetik antara lain dalam kehidupan sehari-hari:
·         Mengaktifkan dan menyeimbangkan sel-sel dalam tubuh
·         Memecah molekur air dan melancarkan darah
·         Menghambat pertumbuhan sel kanker
·         Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur

Penerapan gelombang elektromagnetik:
1.       Gelombang radio
Radio energi adalah bentuk level energi elektromagnetik terendah, dengan kisaran panjang gelombang dari ribuan kilometer sampai kurang dari satu meter. Penggunaan paling banyak adalah komunikasi, untuk meneliti luar angkasa dan sistem radar. Radar berguna untuk mempelajari pola cuaca, badai, membuat peta 3D permukaan bumi, mengukur curah hujan, pergerakan es di daerah kutub dan memonitor lingkungan.

2.       Gelombang mikro
Panjang gelombang radiasi microwave berkisar antara 0.3 – 300 cm. Penggunaannya terutama dalam bidang komunikasi dan pengiriman informasi melalui ruang terbuka, memasak, dan sistem PJ aktif. Pada sistem PJ aktif, pulsa microwave ditembakkan kepada sebuah target dan refleksinya diukur untuk mempelajari karakteristik target. Sebagai contoh aplikasi adalah Tropical Rainfall Measuring Mission’s (TRMM) Microwave Imager (TMI), yang mengukur radiasi microwave yang dipancarkan dari Spektrum elektromagnetik Energi elektromagnetik atmosfer bumi untuk mengukur penguapan, kandungan air di awan dan intensitas hujan.

3.       Sinar inframerah
Kondisi-kondisi kesehatan dapat didiagnosis dengan menyelidiki pancaran inframerah dari tubuh. Foto inframerah khusus disebut termogram digunakan untuk mendeteksi masalah sirkulasi darah, radang sendi dan kanker. Radiasi inframerah dapat juga digunakan dalam alarm pencuri. Seorang pencuri tanpa sepengetahuannya akan menghalangi sinar dan menyembunyikan alarm. Remote control berkomunikasi dengan TV melalui radiasi sinar inframerah yang dihasilkan oleh LED ( Light Emiting Diode ) yang terdapat dalam unit, sehingga kita dapat menyalakan TV dari jarak jauh dengan menggunakan remote control.

4.      Ultraviolet
Sinar UV diperlukan dalam asimilasi tumbuhan dan dapat membunuh kuman-kuman penyakit kulit.
Mempunyai daya kimia besar karena membentuk jasad renik. Sinar ultraviolet dipakai sebagai sterilisasi.

5.      Sinar X
Sinar X mempunyai daya tembus tinggi. dalam bidang kedokteran digunakan        untuk mendiagnosis penyakit dan membuat gambar bagian dalam badan terutama untuk menentukan tulang yang patah. Akan tetapi penggunaan sinar X harus hati-hati sebab jaringan sel-sel manusia dapat rusak akibat penggunaan sinar X yang terlalu lama.

6.      Sinar Tampak
Merupakan gelombang yang sangat penting bagi makhluk hidup. Dengan gelombang ini orang dapat membuat alat-alat optik.

7.      Sinar Gamma
Sinar gamma mempunyai daya tembus sangat tinggi maka sinar gamma di gunakan dalam berbagai bidang, antara lain :
a. industri untuk mengetahui struktur logam
b. pertanian untuk membuat bibit unggul
c. kedokteran untuk terapi dan diagnosis
d. farmasi untuk sterilisasi
e. teknik nuklir untuk membuat radioisotope

No comments:

Post a Comment